Kamis, 08 September 2011

SEMAKIN MENGENAL DIRI, SEMAKIN BEBAS

Semakin Mengenal diri , Semakin Bebas

Pada akhir bulan Juli lalu, diadakan week end bagi para suster yunior di Belinyu. Hal yang sangat menggembirakan hatiku, keluar dari rutinitas harian, bertemu dengan teman-teman yunior untuk saling berbagi pengalaman hidup. Sebenarnya setiap hari kami sudah biasa bertemu, apalagi dalam komunitas yang sama.Tetapi bagiku, bertemu dalam week end merupakan sesuatu yang memiliki isi dan muatan yang berbeda.

Tema yang diangkat dalam week end para yunior ini adalah mengenal dan menemukan tipe kepribadian diri dan sesama yang disoroti dalam MBTI. Betapa pentingnya mengenal kepribadian diri sendiri dan sesama dalam proses perkembangan hidup panggilan dan pelayanan. Yang disoroti MBTI merupakan potensi bawaan seseorang, yang memuat kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan sesama. Dengan demikian, upaya untuk mencapai kesecerdasan kepribadian yakni keseimbangan hidup dalam kehidupan bersama.

Melalui teori MBTI ini, kami dapat mengenal sumber energy kehidupan yang dimiliki seseorang , berasal dari luar dirinya ( ekstrover) atau dari dalam dirinya (introvert). Kami boleh mengenal bagaimana cara seseorang mengumpulkan informasi bagi dirinya, melalui pengindraan atau sensing atau melalui intuisi. Kami juga boleh mengenal cara seseorang mengambil keputusan dengan menggunankan pikiran ( thingking) atau perasaan ( feeling) dan bagaimana seseorang menata hidupnya atau gaya hidupnya yang judging atau perceiving.

Melalui proses pembelajaran ini dan diperkaya dengan sharing pengalaman dari teman-teman, aku merasa semakin yakin dapat menemukan kekuatan yang dapat aku kembangkan dan kelemahan diri yang perlu mendapat perhatian dan pengolahan yang lebih intensif. Dengan mengenal sesama, aku dapat belajar lebih memahami tingkah laku mereka. Dengan proses ini, rasanya aku semakin menjadi bebas dan semakin terbuka mata hatiku untuk lebih serius mengolah hidupku, karena bagaimanapun, dengan semakin diri sendiri lebih baik dan utuh, aku akan semakin mengenal Tuhan.***Andin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar