Rabu, 24 Februari 2010

KAUL PERDANA, MENANGGAPI SAPAAN ALLAH

Senja di penghujung barat menunjukkan pukul 17.00 WIB, matahari yang berwarna cerah kekuning-kuningan yang teduh disertai udara sejuk sore yang segar dan hembusan angin sepoi-sepoi ikut menghantar langkakeempat suster novis yang telah selesai masa novisiat mereka , dan kini mereka mau mengikrarkan kaul perdana. Mereka adalah Sr. Silvia Margaretha, Sr. Dominika Barberi, Sr, Koleta, dan Sr. Blandina Sisilia. Dengan wajah berseri dan langkah yang pasti , mereka memasuki Kapel Novisiat. Mereka berempat mau menyerahkan diri pada Kongregasi KKS.
Perayaan diawali dengan misa kudus yang dipimpin oleh Vikjen Keuskupan Pangkalpinang Rm. Hendrawinata, Pr. dengan dua imam konselebran Rm. Lauren, Pr , Rm. Dionsius Daniel, Pr. Perayaan meriah ini dihadiri oleh para imam, suster, bruder, dan umat setempat.
Dalam Khotbah, Pastor Loren menegaskan bahwa kaul perdana merupakan suatu rahmat yang paling besar, di mana tidak seorangpun tahu akan rahmat dan rencana-Nya untuk memanggil seseorang, karena semuanya berawal dari inisiatif Allah sendiri bagi manusia. Tanggapan atas inisiatif Allah bagi keempat suster ini adalah dengan menjawab YA! Untuk menyerahkan diri pada-Nya lewat Kongregasi KKS, dengan hidup menurut spiritualitas dan semangat Keluarga Kudus dengan misi utama pelayanan terhadap Keluarga. Beliau juga menegaskan bahwa kaul yang dikrarkan bukanlah suatu ketakutan ataupun paksaan dari pihak manapun tetapi merupakan suatu komitmen yang tulus dari pribadi yang terpanggil untuk menyerahkan diri dengan mengikuti Kristus dalam seluruh hidupnya berdasarkan konstitusi, direktorium, Sabda Tuhan sebagai penopang hidup untuk memenuhi kehendak Allah.
Selesai Perayaan Ekaristi kegembiraan dilengkapi dengan ramah tamah bersama di refter Novisiat. Wajah ceria dan senyum bahagia mereka terpantul dengan harapan bahwa mereka berempat mampu untuk menjalankan tugas dan perutusan dari Kongregasi. Harapan mereka dari semua hadirin adalah dukungan doa yang kuat agar mereka sanggup menjalankan dan merealisasikan nilai-nilai rohani yang telah ditanamkan di masa Novisiat dan dapat mengabdikan diri melalui Kongregasi, demikian Sr. Dominika Barberi saat memberi kata sambutan yang mewakili ketiga temannya. Selamat berbahagia atas kemauan dan keberanian mereka untuk mengikuti Kristus dalam Kongregasi. Proficiat .***

Sr. Madelein, KKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar